Senin, 24 Juni 2013

Jasa Skripsi

Jasa Skripsi adalah biro jasa atau lembaga yang melayani jasa konsultasi pembuatan skripsi dan karya tulis ilmiah lainnya. Jasa Skripsi saat ini sudah mulai merambah dan menyebar seperti pepatah "bagai jamur tumbuh di musim hujan". keberadaannya sudah menyerupai dengan bisnis jasa lainnya. Bisnis Jasa Skripsi meliputi berbagai aspek layanan, ada yang melayani dalam jasa pengolahan data skripsi, ada juga yang melayani jasa konsultasi penyusunan substansi dari materi yang dibahas dalam sebuah skripsi, ada yang memberikan layanan jasa penyedia koleksi judul skripsi, ada yang memberi jasa penyedia hard copy skripsi yang pernah ada sebagai bahan referensi dan masukan, namun ada pula yang memberikan jasa dalam pembuatan dan pengerjaan skripsi secara utuh mulai dari penetuan judul hingga selesai.

Meski keberadaan bisnis jasa skripsi ini penuh dan kontra, namun bisnis jasa skripsi semakin berkembang dan semakin dibutuhkan oleh para mahasiswa. apalagi pasca diberlakukannya BHMN pada beberapa PTN oleh pemerintah. Setidaknya ada dua alasan mengapa bisnis jasa skripsi berkembang dengan pesatnya pasca pemberlakuan kebijakan BHMN PTN. Pertama, dengan adanya BHMN, PTN yang masuk dalam pilot project itu harus rela jika kran subsidi dari pemerintah ditutup secara total. Dengan kata lain, PTN-PTN tersebut terpaksa mencari sumber pendanaan secara mandiri. Hal yang paling gampang dilakukan adalah menerima sebanyak-banyaknya jumlah mahasiswa baru dengan kedok berbagai macam jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru. akibatnya PTS kekurangan pendaftar calon mahasiswa baru. PTS pun tidak kalah kreatif dengan membuka jalur kelas karyawan dengan kedok program eksekutif. Program Kelas eksekutif ini sebagian besar dihuni oleh para mahasiswa yang berstatus karyawan yang memiliki sedikit waktu karena tersita pada pekerjaan. nah, dinilah muncul peluang bisnis jasa skripsi yang menawarkan jasa untuk menangani pembuatan skripsi bagi mahasiswa yang super sibuk tersebut. keberadaan jasa skripsi dalam konteks ini seperti dewa penyelamat bagi para mahasiswa. Alasan Kedua adalah, dengan dibukanya berbagai jalur seleksi PMB oleh PTN, dan membuka selebar-lebarnya target perolehan mahasiswa baru secara kuantitas, menggiring calon mahasiswa yang masuk bukan lagi manusia-manusia yang terseleksi dengan baik, siapa saja bisa masuk meski tanpa bekal kemampuan inteligensi yang mumpuni, yang penting punya uang untuk membayar biaya akademik. permasalahan muncul ketika proses perkuliahan pada PTN menerapkan proses belajar yang ketat serta butuh dukungan tingkat inteligensi yang memadai. Beberapa mahasiswa mengalami kesulitan dalam meyelesaikan tugas-tugas akademik termasuk diantaranya penulisan/pengerjaan, pembuatan skripsi. dalam hal ini, biro jasa skripsi kembali muncul sebagai dewa penyelamat yang menawarkan jasa pembuatan skripsi dengan proses cepat, mudah bahkan kadang kilat/ekspres (untuk yang terakhir khusus bagi yang mepet di kejar dead line sidang). ujung-ujungnya mereka datang kepada biro-biro jasa skripsi yang sudah tersebar dan marak  bermunculan dimana-mana khususnya di lingkungan sekitar kampus-kampus besar. tidak jarang bisnis jasa skripsi ini diawaki oleh dosen-dosen muda sebagai cara mencari uang tambahan, atau di jalankan oleh mahasiswa-mahasiswa yang memiliki tingkat kecerdasan lumayan klau tidak mau mengatakan pintar.

bisnis jasa skripsi ini muncul sebagai pengaruh dari lingkungan strategis dunia kampus sebagai imbas dari pengelolaan manajemen kebijakan publik khususnya bidang pendidikan secara miss. tapi apapun itu, keberadaan bisnis jasa skripsi ini sudah terlanjur mewarnai khazanah dunia pendidikan tinggi di negeri kita. bagaiamana seharusnya menyikapi fenomena berkembangnya bisnis jasa skripsi tersebut? sepertinya pemerintah harus berpikir keras dan juga harus serius untuk mencari jalan keluar yang komprehensif agar tidak terjadi fenomena gembung balon. namun secara umum keberadaan bisnis jasa skripsi ini hadir sebagai solusi ditengah kebuntuhan para mahasiswa yang sering kali menjadi korban kebijakan salah dan arogansi inteligensi ilmiah para dosen pembimbing, apalagi dosen senior yang masih terlibat dalam proses bimbingan skripsi mahasiswa.(Sumber: www.apikresearch.com), (www.alifti.com), (www.dluha.org), (www.validcare.blogspot.com) (www.ryanconsultants.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar